turbidity meter| KELARUTAN SUATU ZAT | 0821 4000 2080 | turbidity meter hach,turbidity meter online,turbidity meter hanna,turbidity meter adalah,turbidity meter lutron tu 2016,jual turbidity meter,harga turbidity meter,,turbidity meter hach



KELARUTAN SUATU ZAT
Kelarutan diartikan sebagai konsentrasi bahan terlarut dalam suatu larutan jenuh pada suatu suhu tertentu. Larutan sebagai campuran homogen bahan yang berlainan. Untuk dibedakan antara larutan dari gas, cairan dan bahan padat dalam cairan. Disamping itu terdapat larutan dalam keadaan padat (misalnya gelas, pembentukan kristal campuran).
Kelarutan didefenisikan dalam besaran kuantitatif sebagai konsentrasi zat terlarut dalam larutan jenuh pada temperatur tertentu, dan secara kualitatif didefenisikan sebagai interaksi spontan dari dua atau lebih zat untuk membentuk dispersi molekuler homogen. Larutan dinyatakan dalam mili liter pelarut yang dapat melarutkan satu gram zat. Misalnya 1 gram asam salisilat akan larut  dalam 500 ml air. Kelarutan dapat pula dinyatakan dalam satuan molalitas, molaritas dan persen.
Dalam istilah farmasi, larutan didefinisikan sebagai sediaan “cair yang mengandung satu atau lebih zat kimia yang dapat larut, biasanya dilarutkan dalam air, yang karena bahan-bahannya, cara peracikan atau penggunaanya, tidak dimasukkan kedalam golongan   produk lainnya. Pelepasan zat dari bentuk sediannya sangat dipengaruhi oleh sifat-sifat kimia dan fisika zat tersebut serta formulasinya. Pada prinsipnya obat baru dapat diabsorbsi setelah zat aktifnya terlarut dalam cairan usus, sehingga salah satu usaha untuk mempertinggi efek farmakologi dari sediaan adalah dengan menaikkan kelarutan zat aktifnya.
Kelarutan suatu bahan dalam suatu pelarut tertentu menunjukkan konsentrasi maksimum larutan yang dapat dibuat dari bahan dan pelarut tersebut. Bila suatu pelarut pada suhu tertentu melarutkan semua zat terlarut sampai batas daya melarutkannya, larutan ini disebut larutan jenuh.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kelarutan suatu zat adalah:
§  pH
§  Temperatur
§  Jenis pelarut
§  Bentuk dan ukuran partikel
§  Konstanta dielektrik pelarut
§  Adanya zat-zat lain, misalnya surfaktan pembentuk kompleks ion sejenis dan lain-lain.

Kelarutan obat sebagian besar disebabkan oleh polaritas pelarut yaitu oleh momen dipolnya. Pelarut polar melarutkan zat terlarut ionic dan zat polar lainnya. Sesuai dengan itu, air bercampur dengan alcohol dalam segala perbandingan dengan melarutkan gula dan senyawa polihidroksi lain. 

NB :

turbidity meter hach
turbidity meter online
turbidity meter hanna
turbidity meter adalah
turbidity meter lutron tu 2016
jual turbidity meter
harga turbidity meter
turbidity meter hach 2100n
turbidity meter jakarta
jual turbidity meter lutron
jual turbidity meter hach
harga turbidity meter hach
harga turbidity meter hanna
jual turbidity meter murah
harga portable turbidity meter
harga alat turbidity meter
daftar harga turbidity meter
turbidity meter merck
turbidity meter lutron
harga portable turbidity meter